Header Ads

ads header

Breaking News

KB 3. BILANGAN OKSIDASI / Kls X Sem 2.


Setiap atom terdiri dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Elektron pada kulit terluar atom disebut elektron valensi. Apabila atom memiliki elektron valensi berjumlah 8 atau 2, maka atom itu akan bersifat stabil, sehingga sulit untuk berikatan dengan atom lain. Contohnya, seperti atom-atom pada golongan VIIIA (unsur gas mulia). Sementara itu, atom yang tidak memiliki elektron valensi berjumlah 8 atau 2 akan bersifat tidak stabil.

Muatan atom berbeda-beda jumlahnya, tergantung dari seberapa banyak elektron yang dilepas atau diterima oleh atom. Nah, jumlah muatan positif dan negatif pada suatu atom bisa kita sebut dengan bilangan oksidasi (biloks).

Bilangan oksidasi adalah angka yang menunjukkan jumlah electron yang berperan pada unsur tersebut dalam senyawa. Bilangan oksidasi terkait dengan banyaknya electron yang dilepas atau diterima dalam pembentukan senyawa.

Berdasarkan pengertian bilangan oksidasi, aturan penentuan bilangan oksidasi adalah sebagai berikut:

a.  Unsur bebas memiliki bilangan oksidasi nol.

     Unsur bebas adalah

 Contoh Unsur bebas adalah: H2, N2, O2, F2, Cl2,Br2, I2, P4,  S8, Al, Fe

b. Fluorin yang merupakan unsur paling elektronegatif dan memerlukan satu electron untuk mencapai konfigurasi mulia selalu memiliki bilangan oksidasi -1.

Untuk materi selanjutnya, silahkan buka link di bawah ini:

http://Bilangan Oksidasi.



Tidak ada komentar