Header Ads

ads header

Breaking News

KB 1 Hakikat ilmu Kimia

 

Hakikat Ilmu Kimia : Pengertian, Konsep dan Karakteristik


Hakikat ilmu kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari perubahan materi. Mencoba mengingat istilah kimia pertamakali digaungkan sudah sejak tahun 700-778 yang lalu. Siapa yang mengira jika ilmu kimia diambil dari bahasa arab, yaitu dari kata al – kimia yang bermakna perubahan materi.

Siapa yang memberi konsep ilmu kimia?

Jabir Ibnu Hayyan. CNNIndonesia/Fajrian

Jadi, tokoh yang memberi konsep kimia pada waktu itu adalah Jabir ibnu Hayyan. Beliau merupakan ilmuwan muslim yang mengembangkan ilmu kimia. Dari beliaulah, kita mulai mengenal tentang perubahan materi, susunan, sifat, struktur, perubahan energi dan lain sebagainya. Akhirnya perubahan bentuk materi inilah yang akam membentuk komponen pembentuk materi dan membuat perbandingan baru.


Hakikat Ilmu Kimia

Menurut KBBI, kata hakikat memiliki arti intisari atau dasar, kenyataan yang sebenarnya. Sehingga jika dikaitkan dengan ilmu kimia, apa sih inti dari ilmu kimia itu?

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang perubahan materi. Sehingga hakikat ilmu kimia adalah benda dapat mengalami perubahan bentuk maupun susunan partikelnya menjadi bentuk lain yang berbeda dengan bentuk dan susunan partikel asalnya.


Pengertian Ilmu Kimia

Seperti yang disinggung di atas bahwa secara bahasa kimia berasal dari bahasa arab “al – kimia” yang memiliki arti perubahan materi. Kimia juga berasal dari bahasa Yunan “khemia” dengan arti perubahan materi. Secara istilah pengertian ilmu kimia adalah sebagai berikut :

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dari skala atom hingga molekul dan perubahan energi yang menyertai suatu perubahan materi atau zat.

Kemudian menurut Chang (2005: 3) ilmu kimia di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis.

Sifat kimia adalah sifat yang dapat ditunjukan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan zatnya.

Jika dibiarkan terjadinya perubahan materi, akan menimbulkan perubahan materi baru dan perubahan energi baru. Apabila terjadi perubahan bentuk, maka akan berdampak terjadi perubahan letak susunan, mengubah deformasi dan sampai dapat mempengaruhi sifat yang berbeda dengan wujud semula.


Karakteristik Kimia

Hakikat ilmu kimia yang tidak kalah penting adalah karakteristik kimia. Karakteristik secara mudah dapat kita sebut dengan sifat yang khas dan yang melekat dengan objek itu sendiri. Memang mengetahui ciri atau karakteristik dari ilmu kimiapun juga sulit. Itu sebabnya ilmu kimia menjadi mata pelajaran yang cukup memusingkan. Kecuali bagi kamu yang memang memiliki rasa senang dan ketertarikan ini. 

hakikat ilmu kimia memiliki beberapa karakteristik menurut Kean dan Middlecamp (1985), yang menyebutkan bahwa ilmu kimia memiliki sifat abstrak, ilmu kimia juga penyederhaan dari yang sebenarnya, sifatnya berkembang, dsb

Kesulitan Mempelajari Ilmu Kimia?

Pertanyaannya adalah bagaimana cara memahami konsep kimia?

berikut beberapa tips 

Pertama, kamu setidaknya mengetahui ciri dan karakteristik pelajaran kimia itu sendiri.

Kedua, kamu mampu membedakan dasar fakta, prinsip, konsep dan hukum dalam ilmu kimia. 

Ketiga, kamu memahami hubungan antara fakta, prinsip, dan konsep yang dipelajari dalam ilmu kimia. 

Keempat, tentu saja kamu jangan terjebak pada rumus tanpa memahami konsepnya, 

kelima, buang anggapan rasa sulit dalam mempelajari ilmu satu ini.

(sumber : https://penerbitbukudeepublish.com/hakikat-ilmu-kimia/)

MATERI

PPT

LKS

Tidak ada komentar