Header Ads

ads header

Breaking News

Struktur Atom | Kimia X IPA Sem. 1


Atom adalah partikel terkecil dari unsure yang masih memiliki sifat unsure yang disusunnya. Para ilmuan mampu menentukan ukuran dan sifat – sifat atom setelah melakukan berbagai penelitian. Jabaran imajinatif mengenai gambaran atom disebut model atom.

     A.  Perkembangan Teori Atom

Teori atom dibuat untuk memudahkan dalam mempelajari sifat atom. Teori atom mengalami penyempurnaan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Berikut ini penyelesaian beberapa teori mengenai atom.

1.    Teori Atom Dalton

John Dalton (1776-1844) adalah ilmuwan yang pertama mengembangkan model atom pada 1803 hingga 1808. Hipotesis Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti tolak peluru. Teori atom Dalton didasarkan pada anggapan:

·      Semua benda tersusun atas atom

·   Atom-atom tidak dapat dibagi maupun dipecah menjadi  bagian lain

·      Atom-atom tidak dapat dicipta maupun dihancurkan

·      Atom-atom dari unsur tertentu adalah indentik satu terhadap lainnya dalam ukuran, massa, dan sifat-sifat yang lain, namun mereka berbeda dari atom-atom dari unsur-unsur yang lain.

·      Perubahan kimia merupakan penyatuan atau pemisahan dari atom-atom yang tak dapat dibagi, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.


Materi selanjutnya, silahkan klik link di bawah ini

Struktur Atom

Tidak ada komentar