Header Ads

ads header

Breaking News

Larutan Asam Basa | Kimia XI Sem 2

Senyawa asam dan basa sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Berbagai kebutuhan kalian mulai dari makanan, minuman, obat-obatan serta keperluan kebersihan semuanya dapat tergolong dalam senyawa asam atau basa. Kalian mungkin dengan gampang bisa menentukan sifat larutan dari rasa. Secara umum yang berasa masam tergolong senyawa asam dan yang getir adalah tergolong senyawa basa. Tetapi tidak semua senyawa kita bisa mencicipi karena sifatnya yang berbahaya. Berikut ini akan dibahas konsep asam basa menurut beberapa ahli.

1.    Teori Asam – Basa

            Asam dan basa telah dikenal sejak dahulu dan sering di jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Defenisi asam dan basa secara lengkap diungkapkan dalam teori asam – basa.

a.    Asam – Basa Arrhenius

Menurut Arrhenius,asam adalah suatu zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion H+. Senyawa asam pada umumnya merupakan senyawa kovalen polar yang terlarut dalam air. Jika HaX adalah asam, maka reaksi ionisasi senyawa HaX dalam air adalah sebagai berikut: HaX (aq) → aH+ (aq) + Xa- (aq) Keterangan: a : valensi asam atau jumlah ion H+ yang dihasilkan jika 1 molekul senyawa asam mengalami reaksi ionisasi.

             Untuk mempelajari materi selanjutnya, silahkan buka link dibawah ini:

               http//Bahan Ajar Kimia Kls XI IPA

Tidak ada komentar